Perbedaan iPhone Factory Unlock dan Software Unlock

by | |
Jika Anda mencoba membeli iPhone di gerai-gerai penjual handphone maka seringkali Anda akan ditawarkan dua tipe harga. “Mau beli iPhone SU (software unlock) atau FU (Factory Unlock)”, adalah pertanyaan yang biasa terlontar dari penjaga gerai handphone tersebut. Sudahkah Anda tahu apa arti dari software unlock maupun factory unlock? Kenapa harga kedua tipe tersebut berbeda? Yang mana sebaiknya yang Anda pilih? Beribu-ribu pertanyaan akan muncul di kepala Anda karena jangan sampai Anda salah membeli bisa-bisa nanti Anda tidak tidur-tidur. Berhubung iPhone adalah gadget kelas menengah ke atas maka ada baiknya Anda mendalami arti dari SU dan FU tersebut sehingga Anda dapat menentukan iPhone tipe mana yang paling baik Anda pilih.

Pengertian iPhone Factory Unlock (FU) dan Software Unlock (SU)

Pada awal-awal dirilisnya di Amerika, sekitar pertengahan tahun 2007, untuk dapat menggunakan iPhone maka Anda harus membelinya secara bundle dengan kartu SIM dari provider setempat. Dengan adanya kesepakatan penjualan secara bundle antara Apple dengan provider jaringan telepon seluler ini mengakibatkan ketidakleluasan pengguna untuk mengganti kartu SIM-nya. Dengan kata lain, jika iPhone yang Anda beli dibundle dengan kartu SIM provider A maka Anda tidak dapat begitu saja menggantinya dengan kartu SIM dari provider B. Tentu saja hal ini sangat memusingkan buat Anda yang suka bergonta-ganti kartu. Bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan jika tiap ganti kartu Anda harus membeli satu buah iPhone baru.

Nah, untuk menjawab persoalan tersebut maka hacker atau apalah namanya mencoba untuk memodifikasi software di iPhone tersebut untuk dapat menerima semua kartu SIM sehingga tidak hanya bergantung pada satu provider saja. Inilah yang dinamakan dengan software unlock: iPhone yang telah dimodifikasi sehingga dapat menerima berbagai macam kartu SIM. Apakah ini ilegal? Menurut pihak Apple dan provider yang diajak bekerja sama tentu saja hal ini dikatakan sebagai menyalahi aturan. Akan tetapi pada perkembangannya Apple tidak berbuat banyak karena semakin hari semakin banyak iPhone yang di-unlock menggunakan software. Disamping karena tekanan dari konsumen, pihak pengadilan di Amerika juga memihak konsumen sehingga memaksa Apple untuk mengeluarkan iPhone yang dari pabrik sudah dapat diisi kartu SIM apa saja. Ini yang disebut dengan factory unlock. iPhone factory unlock ini resmi keluaran dari Apple dan dapat diisi kartu SIM sesuai dengan keinginan dari pemiliknya. Dari segi harga tentu saja iPhone factory unlock lebih mahal dari software unlock. iPhone factory unlock juga mendapat garansi resmi dari pihak Apple sedangkan software unlock tidak.
  • iPhone FU atau SU?
Setelah mengetahui pengertian software unlock dan factory unlock, mana yang Anda pilih? Melihat kelebihan-kelebihan yang ditawarkan maka saya dengan tegas menyarankan Anda untuk membeli iPhone factory unlock.
  • Cara membedakan iPhone FU dan SU
Setelah memahami perbedaan pengertian iPhone factory unlock (FU) dengan software unlock (SU) maka ada baiknya Anda tahu cara membedakan iPhone factory unlock dengan software unlock. Hal ini sangat penting jika misalnya Anda akan bepergian ke luar negeri dan ketika akan kembali Anda memutuskan akan membawa iPhone sebagai oleh-oleh kepada ayah, ibu, istri ataupun sanak keluarga yang lain. Tapi jika Anda tidak bisa membedakan iPhone factory unlock dengan saudaranya si software unlock maka ada kemungkinan bahwa iPhone yang Anda bawa dari luar negeri tidak akan bisa dipakai di sini. Walaupun memang iPhone factory unlock masih bisa di-”jebol” dengan software khusus (sehingga menjadi software unlock), ada baiknya Anda sedari awal sudah membeli iPhone factory unlock. Disamping iPhone factory unlock menawarkan kelebihan di sisi garansi (iPhone factory unlock garansi internasional dapat diklaim dimana saja), membeli iPhone factory unlock juga menghindari resiko jika terjadi kegagalan ketika Anda meng-”unlock” iPhone Anda menggunakan software.

  • Membedakan iPhone FU Melalui Situs

Jika skenario Anda adalah sama seperti yang saya ceritakan di atas (membeli iPhone di luar negeri) maka ada baiknya sebelum melakukan perjalanan Anda mengunjungi situs resmi Apple. Cari negara yang Anda tuju, jika tidak ada maka pilih negara atau wilayah yang berdekatan. Misalnya saja Anda akan bepergian ke Italia, maka yang Anda pilih adalah Europe – Italy. Disana dapat dilihat berbagai macam penyedia layanan telpon yang bekerja sama dengan Apple dalam memasarkan iPhone. Lihat pada kolom “Locked to carrier”. Jika ada tanda centang atau rumput di kolom yang bersesuaian dengan negara Italy, maka artinya semua iPhone yang dijual disana bukanlah factory unlock. Klik disini. Masukkan nomor seri pada kolomnya dan pilih "(Re)query". Cara ini dapat membantu menentukan apakah iPhone benar-benar unlock atau tidak. Bila tertulis "Result: Your IMEI Number is currently unblocked", maka iPhone anda factory unlock.
Jika memang ada iPhone yang bisa dimasukkan kartu SIM apa saja berarti iPhone tersebut adalah software unlock. Sederhana bukan?

  • Membedakan iPhone FU untuk iPhone BNIB (Brand New In Box)

Jika Anda baru saja membeli iPhone baru alias baru dikeluarkan dari boxnya di depan Anda, maka coba masuk ke Settings. Apabila di menu Settings ada sub menu Carrier maka iPhone Anda adalah factory unlock. Sub menu inilah yang membedakan iPhone factory unlock dengan software unlock, karena pada iPhone SU sub menu tersebut tidak akan ada.

  • Membedakan iPhone Factory Unlock Khusus untuk iPhone 2nd

Membedakan iPhone factory unlock dengan software unlock untuk kasus iPhone bekas sangat mudah. Ambil sembarang kartu SIM dan coba masukkan ke iPhone tersebut. Jika Anda langsung mendapatkan sinyal untuk provider dari kartu SIM yang dimasukkan maka selamat iPhone Anda adalah factory unlock. Jika Anda tidak mendapatkan sinyal maka kemungkinan besar iPhone Anda adalah software unlock. Pastikan lagi dengan menggunakan kartu SIM lain, jika hasil yang didapat sama maka iPhone Anda harus di-”unlock” menggunakan software khusus.
Satu hal lagi yang Anda dapat lakukan untuk memastikan bahwa iPhone tersebut software unlock adalah dengan melihat apakah ada aplikasi dengan nama Cydia. Jika ada maka coba masuk ke Cydia – Manage – Packages. Pastikan apakah di sana terdapat aplikasi Ultrasn0w. Jika aplikasi tersebut ada maka iPhone Anda adalah software unlock. Hal ini dapat dipastikan karena Ultrasn0w adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk meng-”unlock” iPhone sehingga dapat diisi dengan kartu SIM apa saja. Nah, itu untuk kasus dimana aplikasi Ultrasn0w ada pada paket Cydia. Bagaimana jika tidak ada? Coba masukkan kartu SIM bebas, jika dapat sinyal maka iPhone Anda adalah factory unlock. Perlu diketahui bahwa aplikasi Cydia digunakan untuk melakukan “jailbreak” iPhone. Apa itu “jailbreak” nanti akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.
Kesimpulan dalam membedakan iPhone FU


Dalam membeli iPhone Anda harus selalu ingat kata pepatah bahwa teliti sebelum membeli. Membedakan iPhone factory unlock dengan software unlock adalah sangat mudah jika Anda telah mempelajari terlebih dahulu caranya.

2 comments:

Anonymous

I love уour blog.. ѵery nice colors & theme.

Did уou design this website yourself or diԁ yοu hirе sοmеonе tо do it fοr you?
Plz answer baсk as I'm looking to create my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

Feel free to visit my blog; ipad repair malaysia

Anonymous

Нi! I'm at work browsing your blog from my new iphone 4! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the great work!

Here is my homepage iphone repair pj